Setelah melanglang buana dari tahun
2006, Toyota Rush tampil menggebrak pasar otomotif Indonesia dan
memperkenalkan generasi keduanya pada November 2017. Mengusung konsep
Tough and Dynamic, All New Toyota Rush 2018 ini melepas kondenya alias
ban cadangan di bagian belakangnya. Berdimensi lebih panjang, ruang
kabin yang lapang dan tentunya dikemas dengan mesin bertenaga di
kelasnya. Apakah konsep ini masih relevan dengan tren abad ke-21?
Berikut review Toyota Rush TRD Sportivo 2018.
PENGANTAR Toyota Rush 2018
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018 -
Sebagaimana pendahulunya, SUV ini hasil atas kolaborasi antara Toyota
dengan Daihatsu. Secara konsep, model generasi II sedikit meloncat
dibandingkan pendahulunya. Berpenampilan lebih modern, bahkan memiliki
sedikit unsur MPV. Meski begitu, konfigurasi penggerak roda belakang
tetap dipertahankan. Sementara, mesin diganti unit baru dual VVT-i.
Adapun alasan Toyota mempertahankan
konsep SUV tangguh berpenggerak belakang adalah demi mengakomodasi
kebutuhan konsumen Rush yang tidak melulu berdomisili di kota besar.
“All New Rush hadir melalui riset
dan survei mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk
tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa dibutuhkan dan
diinginkan konsumen Indonesia,” kata Eiji Fujibayashi, chief engineer Rush saat peluncurannya 23 November silam.
EKSTERIOR Toyota Rush 2018
Sebagai pembuka tulisan review Toyota Rush TRD Sportivo 2018, kita melihat bagian eksteriornya dulu ya. Secara desain, penampilan Toyota Rush TRD Sportivo 2018 berubah
total dari pendahulunya. Aplikasi identitas desain terbaru, berupa
lampu sipit dan gril besar serupa Toyota Kijang Innova 2013 malah
membuatnya terlihat seperti paduan Honda CR-V dan BR-V.
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Depan
Pesona kokoh dapat terlihat dari desain
Front Grille-nya yang mengusung tema Dashing Dark dengan menghadirkan 5
tingkat aksen hitam. Selain mampu memberi ketegasan pada fascia
depannya, fitur ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik bagi
kabin mesinnya. Pada tipe TRD Sportivo, ada aksen tambahan pada sisi
depannya yakni Tough Front TRD Underguard. Sehingga, tampilan depannya
bukan hanya semakin kokoh namun juga lebih stylish dan sporty.
Menyisir pada fungsi pencahayaannya,
semua tipenya menggunakan teknologi pencahayaan terkini seperti Advanced
Tech LED Head Lamp dan lampu kabut. Kedua fitur ini mampu memberikan
fungsi pencahayaan yang lebih optimal dan hemat daya.
Fascia depan Toyota Rush TRD Sportivo 2018 tampil menggoda dengan Dashing Dark Chrome Grille
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Samping
Ukuran panjangnya bertambah 230 mm
ketimbang versi terdahulunya. Pembaruan pada sisi ini, memang terlihat
sengaja dikonsep oleh pihak Toyota sehingga tampilan bodi sampingnya
mampu mengisyaratkan ruang kabin yang lebih lega dan lapang. Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki
ban berukuran 215/60 R17 daripada tipe G yang berada di ukuran 215/65
R16. Tidak hanya itu saja, pada tipe tertingginya, Toyota Rush akan
tampil dengan garnish Striking Side Moulding dan logo stiker bertuliskan
TRD Sportivo sebagai identitasnya yang unggul. Juga terdapat teknologi Smart Entry sehingga penumpang dapat memasuki ruang kabin dengan nuansa yang futuristis dan praktis.
Bodi samping Toyota Rush TRD Sportivo 2018 menggunakan dimensi bodi yang lebih panjang daripada generasi sebelumnya
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Eksterior Belakang
Bodi belakangnya terlihat cukup gahar
dan maskulin dengan ukuran tinggi 1.705 mm dan beberapa tonjolan
maskulin khas Toyota. Nuansa sporty, juga tidak lupa dihadirkan pada
sisi belakangnya dengan kehadiran Rear Spoiler. Selain
fungsinya yang mempermanis bodi belakangnya, Rear Spoiler juga dikemas
dengan lampu stop yang berguna untuk memberikan notifikasi kepada
pengendara lain khususnya ketika Anda melakukan proses pengereman. Terdapat Sturdy Rear TRD Underguard sehingga peson maskulin nan sporty semakin terpancar dari bodi belakangnya.
Sisi belakang Toyota Rush TRD Sportivo 2018 tampil menggoda dengan Rear Spoiler yang terintegrasi dengan lampu stop-nya
>>> Mungkin Anda ingin baca:
- Mau pesan mobil Toyota Rush TRD Sportivo 2018 sekarang? Klik sini untuk pesan ia sekarang
- Klik sini untuk lihat harga mobil Toyota Rush TRD Sportivo 2018 manual
- Warna hitam adalah simbol untuk kekuatan dan kerahasiaan. Apakah Anda suka mobil Toyota Rush TRD Sportivo 2018 Anda berwarna hitam? Klik sini untuk lihat daftar mobil Toyota Rush TRD Sportivo 2018 hitam dijual dengan harga terbaik
INTERIOR Toyota Rush 2018
Pesona utama ketika memasuki ruang interior Toyota Rush TRD Sportivo 2018
adalah perasaan elegan dan modern. Hal ini dapat terlihat pada panel
dashboard yang didominasi warna hitam tegas sehingga tampilannya makin
berkarakter.
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Dashboard
Dengan diameter yang lebar, dashboardnya
tampil multifungsi sehingga anda dapat menaruh barang ataupun hiasan
pada panel tersebut. Sedangkan jika melirik pada kedua sisi sampingnya,
akan terdapat Blower berbentuk lingkaran yang dipercaya mampu memberikan
kesejukan bagi Anda dan penumpang di bangku depan. Versi ini telah
dibekali sistem AC dengan climate control yang ditampilkan
secara digital dan modern. Nuansa abad ke-21 pun diperkental kehadiran
panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (multi information
display).
Ruang interior Toyota Rush menyuguhkan panel Head Unit berkelas dan multifungsi
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Kursi
Sebagai mobil 7-penumpang, penting bagi
Rush untuk menghadirkan kenyamanan bagi setiap lapisan penghuni
kabinnya. Tidak boleh ada baris jok dianaktirikan. Pada baris pertama,
terasa bahwa posisi duduknya cukup tinggi, atau dalam istilah kerennnya
“commanding position”. Posisi seperti ini memberikan daya pandang sangat
luas ke jalan dan menghadirkan rasa percaya diri. Jok pengemudi pun
bisa dinaik-turunkan disesuaikan tinggi badan kita.
Untuk mengoptimalkan ruang kabin, ukuran
jok diperkecil dengan penempatannya diatur ulang. Alhasil ruang kaki
baris kedua bertambah 45 mm. Dengan jok bisa digeser maju-mundur jika
ada penumpang baris ketiga.
Dengan jarak bangku baris ke dua dengan
bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih
nyaman dibandingkan model sebelumnya.
Kursi Toyota Rush tampil lebih lapang daripada versi sebelumnya
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Ruang penyimpanan
Hilangnya “konde”, selain berimbas pada
optimalisasi kabin, juga memberikan ruang bagasi ekstra. Panjang bagasi
All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan
sebelumnya.
Dalam kondisi seluruh jok terpasang,
Anda masih bisa mengangkut empat galon air mineral dalam bagasi Rush.
Artinya, tak perlu bingung ketika ingin mengajak saudara diluar keluarga
inti untuk berjalan-jalan.
Hilangnya konde memberikan ruang ekstra penyimpanan barang
>> Mungkin Anda juga tertarik:
FITUR Toyota Rush 2018
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Fitur Keselamatan
Desain eksterior dan interiornya yang stylish dan maskulin, tentu harus senada dengan fitur pendukungnya. Pembaruan fitur Toyota Rush TRD Sportivo 2018,
lebih diprioritaskan kepada aspek keselamatan seluruh penumpangnya.
Tidak tanggung-tanggung, Toyota Rush 2018 dibekali dengan 6 buah
Protective SRS Airbags sehingga keselamatan seluruh penumpangnya lebih
terjamin daripada kompetitor lain di kelasnya.
Aspek keselamatan lainnya juga dapat
terlihat pada hadirnya 7 buah sabuk pengaman yang disematkan pada
tiap-tiap kursinya. 7 Seat Belt Indicators juga memperkokoh fungsinya
sehingga notifikasi audio akan terdengar ketika ada salah satu dari
penumpang belum menggunakan sabuk pengamannya.
Selain masalah aspek keselamatan yang
unggul, Toyota Rush juga dikemas dengan sistem pengereman handal,
Anti-lock Braking System (ABS). Kelincahannya dalam mengarungi
medan-medan berat, juga didukung dengan teknologi sekelas Solid Vehicle
Stability Control (VSC) sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih
stabil meskipun lewati area licin.
Tidak lupa juga, pihak Toyota memberikan
teknologi Hill Start Assist (HSA) sebagai teknologi penunjang
performanya di area-area tanjakan. Secara keseluruhan, fitur yang
dihadirkan pada mobil Medium SUV ini, terlihat berimbang dengan harga
Toyota Rush 2018 yang tergolong terjangkau.
Fitur Toyota Rush lebih
memprioritaskan aspek keselamatan seluruh penumpang lewat hadirnya 6
buah SRS Airbags dan 7 Seat Belts Indicators
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Fitur Hiburan
Khusus pada tipe Sportivo, akan terdapat
panel LCD yang tampil lebih unggul daripada tipe G, mengingat fungsinya
yang bukan hanya mampu mengoperasikan audio dan video namun juga
Internet serta Web Link dalam berbagai format modern. Tidak hanya itu,
fitur tambahan pada tipe Sportivo, juga menyuguhkan Auto AC berteknologi
Digital Display. Dengan formasi tersebut, nampaknya fitur-fitur pada
tipe Sportivo, patut untuk diacungi jempol. Sehingga tidak mengherankan,
jika pemesanan varian TRD Sportivo berada di komposisi 88,6% dan tipe G
di angka 11,4%.
Panel audio yang mampu mengoperasikan Internet menjadi salah satu fitur hiburan Toyota Rush 2018
OPERASI Toyota Rush 2018
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Operasi Mesin
Toyota Rush TRD Sportivo 2018 hadir
dengan mesin baru berkode 2NR-VE dual VVT-i dengan kapasitas 1.500cc
berdaya 104 dk dan bertorsi 136 Nm. Dibandingkan mesin Rush lama, operasi mesin Toyota Rush TRD Sportivo 2018 seperti berkesan spec-down. Rush lama menggunakan mesin 3SZ-FE berdaya 109 dk dan torsi 141 Nm.
Apakah lantas membuat performanya
menurun? Dari apa cintamobil.com rasakan saat test drive, nyaris tak
terasa perbedaan signifikan dengan Rush lama. Saat diuji menghadapi
tanjakan, tenaganya terasa lebih dari cukup meski cintamobil.com
memberikan catatan pada karakter transmisi 4-speed otomatis yang seperti
kurang pintar membaca kemauan masyarakat. Pengemudi juga harus pintar
memainkan kickdown mengingat mesin baru “menyalak” pada putaran di atas
2.000-an rpm.
Toyota menyebut kehadiran mesin baru mampu menghadirkan konsumsi bbm lebih irit sekitar 20 persen.
Mesin Toyota Rush tampil bertenaga dengan paduan teknologi Dual VVT-i
-
Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018: Ride & Handling
Berkat sasis diperkuat, ubahan pada
sudut suspensi dan kehadiran stabilizer bar di gelakang, Toyota Rush TRD
Sportivo 2018 memiliki karakteristik pengendaraan jauh berbeda
dibandingkan model sebelumnya. Mobil terasa jauh lebih lincah dan
mantap. Meski belum menyamai, setidaknya semakin mendekati karakter
pengendaraan SUV rival-rivalnya.
Gejala limbung saat ditekuk terdapat
pada Rush lama, nyaris tak terasa disini. Respons kemudi pun baik untuk
standar SUV. Tentu, ada sedikit trade-off dari sisi ayunan suspensi.
Terasa lebih kaku, meski masih dalam taraf wajar.
Paling penting, tak terbersit sedikit
pun keraguan saat bertemu permukaan jalan tidak rata. Sebuah kenyamanan
hati yang takkan Anda temukan ketika mengemudikan rival-rival Rush
berpenggerak roda depan dan bersasis sedan.
spesifikasi Toyota Rush 2018
Untuk lanjutkan tulisan review Toyota Rush TRD Sportivo 2018, mari lihat spesifikasi ia di tabel bawah ini.
SPESIFIKASI TOYOTA RUSH TRD SPORTIVO 2018
|
|
DIMENSI
|
|
Panjang x Lebar x Tinggi |
4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm |
Wheelbase |
2.685 mm |
Ground Clearance |
220 mm |
Radius Putar Minimum |
5,3 m |
MESIN
|
|
Tipe Mesin |
2NR-VE 4 Cylinder In-Line 16 Valves DOHC Dual VVT-i |
Kapasitas Silinder |
1.496 cc |
Daya Maksimum |
104 PS / 6.000 Rpm |
Torsi Maksimum |
13.9 Nm / 4.200 Rpm |
Sistem Transmisi |
5 Tingkat Kecepatan Manual / 4 Tingkat Kecepatan Otomatis |
HANDLING
|
|
Suspensi Depan |
MacPherson Struts dengan Pegas Koil dan Stabilizer |
Suspensi Belakang |
5 Link dengan Pegas Koil, Lateral Rod dan Stabilizer |
Rem Depan |
16” Disc |
Rem Belakang |
Drum |
Sistem Kemudi |
Rack & Pinion dengan Electric Power Steering |
Ukuran Ban |
215/65 R16 (Tipe G) / 215/60 R17 (Tipe Sportivo) |
BAHAN BAKAR
|
|
Tipe Bahan Bakar |
Bensin |
Sistem Bahan Bakar |
Electronic Fuel Injection |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar |
46 Liter |
kelebihan & kekurangan Toyota Rush 2018
Kelebihan dan kekurangan Toyota Rush TRD Sportivo 2018 bisa dilihat di tabel berikut.
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Mesin 2NR-VE baru lebih efisien |
Penggerak belakang memberikan unsur ketangguhan saat bertemu jalan jelek |
Transmisi otomatis masih 4-speed |
Tidak selincah dan sestabil rival SUV berbasis hatchback |
Mampu mengakomodasi tujuh orang secara utuh |
Posisi duduk ditinggikan membuat ruang kepala berkurang
|
Desain Tough and Dynamic pada eksteriornya mampu menarik perhatian masyarakat yang sekaligus menjadi kelebihan Toyota Rush
daftar harga Toyota Rush 2018
Berapa anggaran dibutuhkan untuk membawa pulang Toyota Rush TRD Sportivo 2018?
Tipe Mobil
|
Harga Toyota Rush TRD Sportivo 2018
|
Toyota Rush TRD Sportivo M/T |
Rp 251.300.000 |
Toyota Rush TRD Sportivo A/T |
Rp 261.300.000 |
0 Response to " Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018 "
Posting Komentar