Review Spesifikasi dan Harga Yamaha Xabre 150

Spesifikasi dan Harga Yamaha Xabre 150 - Setelah cukup lama beredar rumor bahwa akan hadir keluarga baru dari Yamaha dengan konsep naked street fighter, kini semakin jelas dengan munculnya produk motor sport dari yamaha yang diberi kode M-Slaz. Yamaha M-Slaz atau lebih kita kenal dengan nama Yamaha Xabre 150 memang memiliki gaya dan konsep yang lebih agresif dari naked sport 150 cc lainnya. Kehadiran Yamaha Xabre 150 ini tentunya akan membuat pesaing di kelasnya kewalahan dan harus memutar otak kembali, seperti All new CB150R yang baru dirilis oleh Honda. Mengusung konsep naked bike tentunya juga akan menggerus pasar penjualan Yamaha New V-ixion yang masih merajai segmen naked sport 150 cc, mau tidak mau Yamaha New V-ixion harus berbagi penggemar dengan saudara barunya itu.


Yamaha Xabre 150 ini memang menawarkan pengalaman lain yang bisa didapatkan dengan mengendarai motor sport dengan konsep naked street fighter. Sebelum kemunculannya di Thailand banyak yang berspekulasi bahwa Yamaha Xabre 150 ini merupakan versi naked dari Yamaha YZF-R15. Namun semua itu terbantahkan dengan penampakan Yamaha Xabre di Indonesia yang tampil sebagai motor sport versi naked yang memiliki karakter agresif dan garang. Dengan desain body yang sangat kental aura naked sportnya lewat shroud memanjang kedepan. Tak luput dari itu, sentuhan terbaik Yamaha juga diletakan pada headlampnya yang memiliki desain kecil namun tajam sehingga mampu memberikan kesan angker khas motor street fighter layaknya KTM Duke. Begitupun bagian jok Yamaha Xabre 150 yang memiliki desan terpisah khas motor sport modern. Tidak main-main Yamaha juga menawarkan shock depan terbalik (Up-Side Down) untuk memberikan kesan beda dan juga rear arm dengan Banana Swing Arm layaknya Yamaha R15. Pada bagian mesin, Yamaha Xabre 150 dibekali dengan mesin 4 tak dengan kapasitas 150 cc, single cylinder, tipe mesin SOHC, 4-valve, liquid cooling, dan juga dibekali dengan 6 percepatan (speed).

Review Spesifikasi Yamaha Xabre 150

     Desain Body ala Naked Sreet Fighter
Konsep desain Yamaha Xabre 150 ini memang masih menggunakan basis Yamaha M-Slaz. Menggunakan platform Yamaha MT Series ini sekaligus melanjutkan kelihaian Yamaha dalam mendesain bodi sepeda motornya. Untuk tampilan eksteriornya, Yamaha Xabre memang 150 terlihat ‘out of the box’ berani tampil beda dan keluar dari desain umum naked bike di Indonesia kebanyakan. Mulai dari headlamp yang terlihat beda yang mampu memberikan aura street fighter yang sangat kuat dengan model lampu mungil dengan sudut yang tajam. Teknologi LED juga disematkan pada headlamp dan stoplamp Yamaha Xabre 150 yang mampu memberikan penerangan lebih maksimal. Dari desain tangki yang dimiliki Yamaha Xabre 150 jelas Yamaha ingin memunculkan aura naked street fighter yang sangar pada motor ini, dengan bentuk tangki yang besar dan menjulang ke atas dan penutup tangki dibuat rata sehingga terlihat lebih gagah dan berisi. Pada sektor jok Yamaha tetap mempertahankan desain ala Yamaha R-15 dengan desin jok terpisah dan meruncing di bagian belakangnya. Pada bagian belakang Yamaha tampak memperhatikan kecantikan motor ini, dengan menggunakan spakbor model gantung dan juga dipasangkan dengan rear arm yang sedikit melengkung (banana arm). Untuk menutupi kekurangan dimensi mesin yang kelihatan mungil seperti Yamaha New Vixion, Yamaha Xabre ini tampak menempatkan cover engine yang menyambung ke atas hingga shroud sehingga mesin yang telihat kecil dapat tertutupi oleh cover tersebut.

     Mesin tipe SOHC 150 cc dengan Silinder Tunggal
Yamaha Xabre 150 ditenagai oleh mesin berkapasitas 150 cc yang merupakan versi update dari mesin Yamaha YZF-R15. Mesin Yamaha Xabre 150 memiliki satu silinder SOHC dengan 4-katup. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 12,0 kW pada putaran 8500 rpm, dan torsi maksimal dapat mencapai 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Untuk sektor transmisi Yamaha Xabre menggunakan transmisi 6 percepatan sama seperti Yamaha R15. Dilengkapi dengan teknoligi Fuel Injection sehingga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit. Untuk pendingin mesinnya, Yamaha Xabre 150 mengandalkan sistem pendinginan cairan yaitu liquid cooled. Untuk jenis bahan bakar, Yamaha Xabre 150 wajib mengkonsumsi bahan bakar dengan oktan minimum 91 yang berarti anda wajib mengisi bensin Xabre dengan Pertamax atau diatasnya. Hal tersebut dikarenakan Yamaha Xabre memiliki perbandingan kompresi cukup tinggi yaitu 10,4 : 1 sehingga mesin Xabre 150 akan menghasilkan performa yang maksimal degan catatan bahan bakar yang digunakan memiliki oktan  91 keatas. Namun mesin yang diusung masih bertipe SOHC yang diatas kertas memang masih kelah dengan mesin DOHC seperti yang digunakan CB150R ataupun CBR150R.

     Dimensi Besar namun Bobot Tetap Ringan
Pada bagian dimensi, Yamaha Xabre 150 memang memiliki bodi yang tergolong bongsor seperti moge. Dengan dimensi keseluruhan 795 x 1,955 x 1,065 mm untuk ukuran orang Indonesia memang dimensi ini cukup bongsor. Namun diluar dugaan ternyata untuk bobot Yamaha Xabre 150 ini masih terbilang cukup, mungkin karena Yamaha Xabre 150 hanya mengusung mesin dengan kapasitas 150 cc. Untuk berat bersih Yamaha Xabre hanya memiliki bobot seberat 135 kg termasuk berat bbm dan juga oli. Yamaha Xabre 150 ini akan terasa nyaman dan asyik saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Pasalnya motor dengan tinggi 164 mm dan tinggi jok berukuran 805 mm sangat pas untuk diajak bermanuver dan berakselerasi.

     Manuver Terbaik di kelasnya dengan Suspensi berkualitas
Pada sektor ini merupakan bagian terpenting ketika kita membahas manuver dan akselerasi. Yamaha Xabre 150 memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Naked sport 150 cc lainnya, dalam sektor kaki-kaki Yamaha Xabre 150 sudah dibekali dengan suspensi kelas atas lewat suspensi dengan jenis Up-Side down atau biasa kita dengar dengan suspensi terbalik. Suspensi dengan jenis terbalik ini mampu menawarkan stabilitas yang cukup tinggi dalam pengalaman berkendara karena suspensi ini mampu menyesuaikan ketinggian dengan mengikuti kontur jalan yang dilaluinya. Kemudian pada bagian suspensi belakang Yamaha mengusung model suspensi monoshock yang mampu memberikan keseimbangan saat menahan beban. Tak hanya mengandalkan sektor suspensi, Yamaha juga menyematkan kerangka dengan jenis deltabox teleskopik pada Yamaha Xabre, kerangka deltabox memang terkenal dengan ketahanan dan kestabilannya serta kualitas yang sudah terjamin. Kerangka ini juga dipakai pada pendahulunya seperti Yamaha New Vixion dan juga Yamaha YZF-R15. Sedangkan untuk sektor pengereman, Yamaha xabre menggunakan sistem cakram tunggal untuk bagian depan dan belakang. Kesan kokoh dan gagah dapat dilihat pada Yamaha Xabre 150, swing arm yang digunakan oleh Yamaha Xabre berjenis banana style. Pada bagian ban dan Velg, Xabre menggunakan velg dengan ukuran cukup gambot dengan Velg berukuran 17 M / C-MT 3.50 untuk bagian depan dan 17 M - C-MT 2.75 untuk bagian belakang. Ban yang digunakan memiliki ukuran 110/70-17M dan 130/70-17M terbilang besar untuk ukuran motor sport kelas 150 cc.

     Display Speedometer Digital sangat Informatif
Pada bagian dashboard, Yamaha Xabre 150 memiliki konsep desain speedometer minimalis dengan display Full Digital. Speedometer Yamaha Xabre 150 memang terbilang cukup ringkas dengan dimensi persegi panjang tipis dan memiliki bingkai frame elips namun tetap terlihat modern dan sporty. Dengan tampilan yang informatif dan mudah dipahami menjadi salah satu kelebihan Yamaha Xabre di bagian ini. Speedometer Yamaha Xabre 150 ini berisi indikator lampu utama, lampu sein, penunjuk bahan bakar (fuel meter) dan tentunya indikator speed dengan tampilan digital.




 

 
 






Spesifikasi di atas kertas Yamaha Xabre 150

     Dimensi Yamaha Xabre 150

P x L x T                                                        : 1959 mm x 795 mm x 1065 mm

Jarak sumbu roda                                           : 1350 mm

Jarak terendah ke tanah                                  : 164 mm

Tinggi tempat duduk                                      : 805 mm

Berat isi                                                          : 135 kg

Kapasitas tangki bensin                                  : 10,2 liter
   

     Kapasitas Mesin Yamaha Xabre 150

Tipe Mesin                                                       : 4 langkah berpendingin cairan, SOHC

Jumlah / Posisi silinder                                    : Silinder Tunggal

Diameter x langkah                                          : 57,0 x 58,7 mm

Perbandingan kompresi                                    : 10,4 : 1

Daya maksimum                                               : 12.0 kw = 16,09 hp /8500 rpm

Torsi maksimum                                                : 14.3 Nm / 7500 rpm

Sistem starter                                                     : elektrik starter

Sistem pelumasan                                              : basah

Kapasitas oli mesin                                           : total = 1,15 ; berkala = 0,95 ; ganti filter oli = 1,00



Sistem bahan bakar                                           : Fuel injection

Tipe kopling                                                      : basah, kopling manual , multiplat

Tipe transmisi                                                    : constant mesh 6-speed

Pola pengoperasian transmisi                            : 1-N-2-3-4-5-6


     Kerangka Yamaha Xabre 150

Tipe rangka                                                        : Diamond

Suspensi depan                                                   : Teleskopik Up-Side down ( terbalik )

Suspensi belakang                                               : Swing arm

Ban depan                                                            : 110/70-17M/C 54S

Ban belakang                                                       : 130/70-17M/C 62S

Rem depan                                                           : single disc brake

Rem belakang                                                       : single disc brake


     Kelistrikan Yamaha Xabre 150

Sistem pengapian                                                  : TCI

Battery                                                                   : GTZ4V / YTZ4V

Tipe busi                                                                : NGK / CR9E


Sekian otoreview untuk Yamaha Xabre 150, buat agan dan sista yang ngiler langsung di cek aja di dealer Yamaha terdekat di kota anda.
Semoga bermanfaat !

0 Response to "Review Spesifikasi dan Harga Yamaha Xabre 150"

Posting Komentar